Aksi Kebaikan

Teruslah Berbuat Kebaikan, Meski Tanpa Balasan

Kita sering kali merasa kecewa ketika kebaikan kita tidak diterima orang. Saat seperti itu, hati kita bisa merasa hampa atau sedih. Tetapi, hidup memberikan kejutan yang tidak selalu menyenangkan, kita harus menerimanya dengan kekuatan1.

Namun demikian, berbuat baik seharusnya tidak bertujuan untuk mendapatkan pujian. Kita melakukan kebaikan karena merekalah tujuannya: menyebarkan kebaikan. Keindahan berbuat baik terletak pada kebahagiaan yang kita rasakan atasnya.

Imam Syafi’i ra melihat bahwa tidak semua orang akan menikmati kebaikan kita. Maka, mengutamakan hubungan dengan Tuhan lebih esensial daripada mencari persetujuan manusia1. Salah satu pelajaran penting adalah bahwa manusia berdosa. Namun kita harus tetap berbuat baik, seperti dikehendaki oleh Allah dan RasulNya1. Ayat Al-Qur’an pun menegaskan prinsip bahwa kebaikan akan mendatangkan kebaikan, dan sebaliknya1.

Sejarah menunjukkan pentingnya terus mendakwahi meskipun bukan semua orang mendukung. Kisah tentang Sayyidina Umar dan Nabi Musa membuktikan bahwa manusia bisa berubah. Mereka mengajarkan kita untuk terus berdakwah dan berdoa1.

Ada referensi surat-surat Al-Qur’an yang menegaskan bahwa balasannya dari perbuatan baik adalah kebaikan1. Karena itu, kita harus terus berbuat baik, tidak peduli siapa yang melihat atau merasakan manfaatnya.

Arti Sebenarnya Berbuat Baik

Kebaikan dan keburukan sangat berbeda, tapi tidak semua mengikuti ajaran agama2. Umat manusia dikasih petunjuk oleh Allah melalui para Rasul-Nya. Tapi, tidak semua orang percaya seluruhnya. Para Rasul terus mengajarkan kebaikan sampai akhir hidup mereka. Kita diajari untuk menyebar luaskan kebaikan, meski ada yang benci atau ejek kita.

Mengapa Kita Harus Berbuat Baik?

Banyak orang percaya, “Bersaing Untuk Berbuat Baik Saja”. Jika kita lakukan kebaikan, hal baik akan kembali ke kita2. Al-Qur’an jelasin ini. Bila berbuat baik, kita lakukan baik pada diri kita sendiri. Dan, kalau buruk, kita juga terima kesulitannya.

Penting buat kita tahu, berbuat baik baik bagi kita di dunia dan akhirat. Bukan cuma menikmati dunia sekarang tapi juga kehidupan setelah ini.

Setitik kebaikan bisa buat perubahan besar, seperti pepatah “sedikit-sedikit, nanti jadi bukit”3. Allah sayang sama setiap kebaikan. Ada ayat di Al-Qur’an (Al-Zalzalah 7-8) yang bilang ini.

Balasan atas Kebaikan Kita

4 Banyak ayat yang cerita bagaimana Allah dekat dengan yang baik, seperti di Al-A’raf. Dalam Al-Isra juga jelaskan, kebaikan buat yang lakukanan dan yang dapat juga. Ada ayat lainnya (Ath-Thalaq dan Al-Maidah) yang bicara soal baiknya berbuat baik. Ini bawa keberkahan dari Allah.

34 Kebaikan kita, termasuk ke binatang, akan dibalas sesuai. Contohnya ada hadis tentang orang minumkan anjing Yahudi. Allah kasih balasannya cocok. Ini menunjukkan, ajaran Islam menghormati semua kebaikan.

Hasil diskusi tadi, ilmu berbuat baik bagi semua. Baik buat orang lain serta diri sendiri, di sini atau nanti. Setiap perbuatan, baik atau buruk, dibalas. Kita dianjurkan selalu lakukan baik dan menjauhi keburukan.

Berbuat Baik Menjadi Jalan Spiritual

Di hidup ini, berbuat baik tak hanya baik buat dunia. Juga mengarahkan kita menuju kesempurnaan spiritual5. Allah mengatakan, “Berbuat baik itu buat diri kalian sendiri.”5 Jadi, kebaikan membuat kita bahagia di sini dan mendekatkan kita pada-Nya.

Ibadah bukan cuma shalat dan puasa. Bantulah orang lain, niscaya akan dibantu Allah5. Menjadi hamba yang dicintai, dengan cara membantu saat dibutuhkan.

Dari perbuatan baik kita, Allah memberi kemudahan di dunia dan di akhirat5. Hadits bilang, “Siapa yang membebaskan mukmin dari kesulitan, dia dibebaskan di akhirat.”5 Terus berbuat baik, dan alami keajaiban setiap hari.

Banyak berbuat baik membuat kita dekat dengan Allah5. Rasulullah pernah berkata, “Orang terbaik adalah yang memberikan manfaat untuk orang lain.”5 Menjadi bermanfaat adalah cara mendekatkan diri kepada Tuhan.

Baca Juga :   Tips Menghindari Penipuan Berkedok Donasi Online

6 Kebaikan untuk semua, tak peduli apa warna kulitmu6. Jika bisa berbuat baik, lakukan. Jika merasa belum mampu, usahakan semampu kita6.

7 Berbuat baik ini adalah ekspresi cinta dan taqwa kita pada Allah7. Ia memunculkan efek positif dan inspiratif bagi yang melihat7.

7 Hadapi tantangan dalam kebaikan itu penting7. Allah ingin kita selalu berbuat baik karena itu investasi untuk akhirat7. Yaitu balasan yang sepadan dengan perbuatan.

7 Islam ajar, kebaikan untuk Allah dan sesama+lingkungan7. Maka, perbuatan baik menciptakan lingkaran kebaikan terus-menerus7.

7 Teguh pada kebaikan, Allah janjikan berkah besar7. Ini yang membuat kebaikan dasar untuk sukses dan bahagia sejati.

Kebaikan Sejati Tak Terlihat

Perbuatan baik yang tulus sangat berharga tapi sering luput dari perhatian banyak orang8. Berbuat baik demi pujian atau imbalan materi merusak kebaikan itu sendiri8. Kita butuh kembali berpikir. Fokus pada kebaikan akan hilang maknanya kalau itu dilakukan egois8.

Melakukan Kebaikan Tanpa Pamrih

Kebaikan asli dilakukan tanpa nunggu balasan8. Mulailah dari jujur, geng. Kejujuran bawa kebaikan, kebaikan bawa keselamatan8. Jauhi dengki. Dengki menghancurkan amal seperti api pada kayu8. Agamaku ringkas, teman. Agamaku adalah berbuat baik8. Ada kebaikan di pekerjaan dan istirahat. Manfaatkan keduanya, jangan pilih-pilih8.

Tunjukkan kebaikan sekarang, teman. Jangan tarik-tarik waktu. Ia tidak akan tunggu kita lama8.

Kebaikan tanpa pamrih tunjukkan kita utamakan diri, bukan pujian orang8. Menyerahkan yang terbaik tanpa mengharap balasan, itulah kebaikan sejati8.

Belajar dari Ali bin Abi Thalib bisa buka mata soal kebaikan tulus9. Beliau sahabat Nabi yang hebat. Ia hidup dengan nilai-nilai tulus dan tanpa pamrih9. Kisahnya mengajarkan kita arti pengabdian yang tulus dalam Islam9.

Ajaran Ali bin Abi Thalib jadi bekal hidup kita berbuat baik10. Kata-kata bijaksananya mengajarkan kejujuran dan tulus dalam berbuat baik1089.

Prinsip Hidup dengan Berbuat Baik

Melakukan kebaikan adalah tugas penting yang membentuk masa depan yang lebih cerah11. Ketika kita konsisten berbuat baik, itu adalah langkah besar menuju kebahagiaan pribadi12. Kita akan merasakan ketenangan jiwa, syukur, dan keberkahan menemani langkah kita.

Sebuah penelitian menemukan, 60% motif berbuat baik adalah soal berbagi dengan yang membutuhkan13. Tambah lagi, 20% orang melakukannya karena kebahagiaan yang diperoleh dari efek positifnya13. Ini menunjukkan, berbuat baik bukan hanya menguntungkan orang lain. Tapi, ini juga membekali kita dengan kebahagiaan sendiri.

Ada 5 prinsip simpel untuk bertindak baik secara konsisten, yaitu:12

  1. Benar-benar ingin melakukan kebaikan dengan tulus
  2. Temukan cara dan gaya unikmu dalam memberi
  3. Menetapkan makna dan tujuan di balik aksi kebaikanmu
  4. Jangan takut berbuat kecil, setiap amal baik berarti
  5. Melepaskan ego yang menghalangi

Mempraktikkan kebaikan tiap hari membuat kita lebih dekat dengan keberkahan11. Kisah Nabi Yusuf menegaskan, kebaikan yang ditebar akan berbuah manis11.

Melakukan kebaikan sama dengan menjalankan ibadah yang diterima di langit13. Ketika kebaikan menjadi pondasi hidup, bukan hanya orang lain yang merasakan manfaat. Kita juga memperoleh ketenangan dan keberkahan pribadi.

Menebarkan Kebaikan di Tengah Masyarakat

Menciptakan kebaikan di dunia yang kurang baik bukan perkara yang mudah. Tetapi, itu adalah pekerjaan yang harus kita lakukan. Jangan pernah putus asa dalam membantu orang lain. Sama seperti perjuangan Rasulullah memperbaiki masyarakat14.

Beliau selalu memberikan contoh kepada keluarga dan tetangga, menunjukkan bahwa kebaikan bisa mengubah banyak hal14.

Menghadapi Keburukan dengan Kebaikan

Apabila kita dihadapkan dengan keburukan, kita bisa membalasnya dengan kebaikan. Kebaikan jauh lebih kuat daripada keburukan14. Berdasarkan sebuah studi, 75% orang mengumumkan aksi sosialnya di media sosial, ini menunjukkan trend positif di masyarakat15.

80% dari mereka yang membagikan kebaikan online mendapatkan respon positif. Hal ini mendorong orang lain untuk juga menciptakan kebaikan15.

Sayangnya, 65% orang yang membagikan ibadahnya diintsagram menerima kritik. Namun, 90% orang percaya hal ini menjadikan motivasi positif bagi orang lain15.

Menolong orang dan lingkungan menghasilkan dampak yang luar biasa14. Misalnya, sebuah wanita berhasil dimaafkan karena memberi minum pada anjing14. Dari sini kita belajar, perbuatan baik sering kali disambut dengan balasan yang baik dari Tuhan14.

Baca Juga :   Jangan Menghitung Kebaikan, Ikhlas Tanpa Batas

Mulai dari yang kecil, seperti tersenyum kepada orang lain, bisa membuat perubahan besar14. Kebersihan lingkungan berpengaruh positif pada kesehatan kita14. Cara ini juga efektif untuk menyebarkan informasi dan motivasi positif14.

Optimisme dalam berbuat baik penting, meski hasilnya tidak selalu sesuai harapan. Kebaikan tetap bernilai meski terkadang dilakukan secara tersembunyi14. Walaupun 60% orang memilih menjaga kebaikan pribadi, 40% lainnya merasa dorongan untuk membagikannya demi inspirasi15.

Berbuat baik adalah salah satu bentuk ibadah14. Itu tidak memerlukan rencana khusus, dilakukan dengan niat baik sudah cukup. Perbuatan baik akan menghasilkan berkah di masa depan, diakui oleh Allah14.

Menyebarkan kebaikan akan menginspirasi orang lain14. Manusia diciptakan untuk beribadah dan berinteraksi baik dengan makhluk lain atau bahkan lingkungan14.

Teruslah Berbuat Kebaikan

Tidak perlu menunggu balasan setiap kali berbuat baik. Kita memang harus selalu mencaritahu dan mencari kebaikan ini16. Walaupun kadang-kadang kebaikan tidak dihargai, penting untuk tetap konsisten berbuat kebaikan17.

Jangan pernah ragu untuk memberi yang terbaik dari diri. Meskipun seringkali itu terasa tidak cukup, ini adalah langkah yang tepat.

Melalui surah al-Isra:7, kita tahu berbuat baik adalah sejenis investasi untuk diri kita sendiri16. Menurut Imam Ibnul Qayyim, kita harus mengakhiri hidup kita dengan amal yang baik. Karena, cara kita hidup terakhir juga menandakan cara kita bertemu Tuhan.

Respon orang terhadap kebaikan kita bisa beragam. Namun, kita tidak boleh jera melakukan kebaikan gara-gara reaksi orang lain17. Paulus menyarankan kita untuk menunjukkan kebaikan hati kita. Ini mencerminkan pentingnya perilaku yang terbuka dan baik di mata masyarakat17.

Jadi, selalu kontrol emosi dan bertindak dengan lembut. Hal ini sangat penting dalam menunjukkan kebaikan hati kita kepada banyak orang17.

Engkau harus mencari kebahagiaan di akhirat. Namun, jangan lupa untuk menikmati kehidupan saat ini18. Menurut Ust. Dr. H. Ed Fauzan Ofratos, semakin baik kita, semakin damai hati kita18.

Allah akan menimbang amalan kita secara adil kelak. Tidak seorangpun akan dizalimi pada hari kiamat18.

Rasulullah SAW dijamin dicintai oleh Allah jika kita ikuti ajarannya18. Beliau yakin, yang berfaedah paling bagi orang adalah yang paling banyak bermacam-macam berbuat kebaikan18.

Jadi, teruslah berbuat baik. Kebaikan kita akan memperbesar kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Manfaatilah kebaikan ini untuk diri dan orang lain sekitar.

Hikmah di Balik Perbuatan Baik

Memperlihatkan kebaikan seringkali tidak langsung membawa balasan yang sama. Saat kita membantu orang tanpa pamrih, terkadang mereka tidak menghargai. Namun, kita harus ingat bahwa setiap perbuatan baik memiliki hikmah tersendiri19.

Menurut hadist, bahkan perbuatan kecil yang baik sangat berharga. Ia bisa memberikan ampunan dan berkah di akhirat nanti19.

Inspirasi dari kisah Nabi mengajarkan kita untuk tetap berbuat baik, meski berat tantangan. Kisah seperti Nabi Musa yang dibesarkan oleh Firaun dan Umar bin Khattab yang semula menentang Nabi tapi beralih menjadi pendukungnya, memberi kita kekuatan20.

Perbuatan baik memperkuat iman dan kepercayaan kita kepada Tuhan19.

Hadist juga menekankan teladan dalam membantu hewan yang butuh, membuka jalan untuk orang lalu, dan menyatukan keluarga hewan. Mereka berbicara bahwa mengajarkan ilmu agama ke anak-anak sangat berharga, dengan fokus pada niat yang benar1920.

Potensi kecil perbuatan baik dalam Islam sangat besar, terutama dengan niat yang tulus. Al-Quran dan hadist menegaskan pentingnya balas kejahatan dengan kebaikan19.

Ilustrasi dan ajaran tersebut menunjukkan prinsip bahwa perbuatan kita akan dibalas setimpal19.

Inspirasi Kisah Nabi dalam Berbuat Baik

Al-Quran menjelaskan bahwa setiap detail kebaikan atau keburukan kita dihitung pada hari kiamat19. Menurut hadist, mengajak orang ke jalan yang baik sangat berharga. Ini menekankan pentingnya menyebarluaskan kebaikan dan menghindari dampak buruknya19.

Berbakti atau berbuat baik pada orang lain membuat kita merasa bahagia. Budaya kebaikan berpengaruh baik pada kesehatan jiwa dan raga21. Menunjukkan sikap baik kepada siapa saja bisa meningkatkan kebahagiaan dan hubungan kita dengan orang lain21.

Baca Juga :   Kebaikan Tidak Harus Terlihat, Asal Tulus!

Perbuatan baik tidak selalu membutuhkan uang. Kekuatan dalam menyebarkan kebaikan lebih besar daripada kemarahan21. Kejujuran dalam berbuat baik tanpa pamrih merupakan kebaikan sejati bagi dunia21.

Ketidakberpihakan pada biaya, kebaikan melahirkan efek riil pada orang lain21. Setiap dari kita bisa mengubah dunia dengan kebaikan yang tulus211920.

Ciri Orang yang Senantiasa Berbuat Baik

Menjadi orang baik adalah tujuan mulia. Tapi, apa yang bikin mereka beda? Ada sifat khas yang mereka punya:

  • Ikhlas tanpa minta pujian atau hadiah22
  • Tetap semangat meski kebaikan tidak dibalas22
  • Teguh dalam kebaikan, tidak goyah oleh tantangan22
  • Menetapkan contoh baik bagi orang sekitar22
  • Berkomitmen untuk selalu berbuat baik, walau dihadapkan rintangan22

Orang-orang ini berpegang teguh pada kebaikan. Mereka tidak balas dengan keburukan, tapi terus berbuat baik22. Ikhlas adalah kuncinya, jangan harap balasan dari manusia lain22. Sebuah ajaran mengatakan, berbuat tanpa minta balasan, hanya ingin disukai Tuhan22.

Memiliki sifat seperti mereka adalah inspirasi. Dengan sifat yang mulia, kita bisa ubah dunia menjadi lebih baik.

Dampak Positif Berbuat Baik bagi Diri Sendiri

Berbuat baik tidak cuman menguntungkan orang lain. Ini juga baik untuk diri sendiri. Kebaikan membawa kebahagiaan dan kepuasan. Ini juga membuat kita merasa bersyukur dan hidup kita terasa lebih berkah23.

Berbuat kebaikan meningkatkan suasana hati yang bahagia. Ini mengurangi stres dan membawa ketenangan serta kedamaian23.

Ketenangan Batin dari Perbuatan Baik

Ketenangan batin adalah hadiah dari Allah SWT. Ini untuk orang yang melakukan kebaikan24. Al Isra Ayat 7 menyatakan hal ini dengan jelas. Jika kita berbuat baik, kebaikan itu akan kembali pada kita. Demikian juga jika berbuat buruk, dampaknya akan kita alami24.

Joan Didion pernah berkata, “Berbuat baik memperkuat hati kita.”
Kita akan terlindungi dari pengaruh negatif. Dan menjadi lebih bijak menghadapi masalah23.

Berbuat baik itu ibadah dan investasi untuk kebahagiaan pribadi. Allah mengatakan, kebaikan yang kita lakukan akan menguntungkan kita. Prinsip ini berlaku untuk setiap orang, dimanapun, dan kapanpun24.

Kutipan Bijak tentang Teruslah Berbuat Kebaikan

Kutipan bijak tentang berbuat baik

Berbuat kebaikan adalah hal baik yang berdampak positif. Tidak peduli siapa yang menerima, itu pasti membantu. Ada kutipan bijak yang menginspirasi kita berbuat baik tanpa pamrih.

  1. “Cinta dan kebaikan bukanlah hal yang sia-sia. Mereka selalu memberi perbedaan.” – Helen James25
  2. “Tak ada kebaikan yang mengecewakan.” – Harold S. Kushner25
  3. “Perbuatan baik seperti doa yang menyentuh hati.” – Robert Green Ingersoll25
  4. “Tiada kebaikan yang terlalu kecil. Kebaikan kecil bisa jadi tsunami yang mengubah hidup banyak orang.” – Kevin Heath25
  5. “Menolong adalah panggilan hakiki manusia.” – Sophocles25

Kutipan-kutipan ini memperlihatkan, kebaikan apa pun bermakna. Begitu banyak suntikan positif yang bisa kita bagikan. Mereka mengajari kita tentang ketulusan, rasa syukur, dan bagaimana menjadikan hati kita rendah saat berbuat kebaikan25. Ada juga kata-kata tentang spiritualitas dan balasan dari Tuhan atas kebaikan kita25.

Ada banyak sumber inspirasi, termasuk kata-kata bijak dari orang-orang hebat26. Mereka bisa motivasi kita jadi lebih baik dan peduli kepada orang lain25.

Intinya, berbuat kebaikan sungguh berharga. Berdampak positif untuk kita dan orang lain27. Lebih penting lagi, nilai-nilai ketulusan, rasa syukur, dan kerendahan hati menjadi kunci. Dengan itu, kita bisa sebarkan kebaikan lebih jauh25.

Hidup Lebih Bermakna dengan Berbuat Baik

Kita temukan hidup lebih berarti jika aktif berbuat baik. Sekecil apa pun, tindakan baik bisa menginspirasi dan mengubah hidup orang lain28. Prinsip hidup seperti ini akan menghadirkan kebahagiaan lebih baik, kedamaian, dan keberkahan yang nyata, di dunia dan akhirat.

Kebermaknaan hidup bertambah lewat kebaikan kita lakukan29. Melalui aksi baik, kita merasa hidup memiliki arti lebih. Ini karena hal baik yang dilakukan akan kembali ke kita, membuat kita bersyukur. Bantuan kepada yang memerlukan juga mengusir pikiran negatif.

Berpegang pada kebaikan membuat hidup terasa bermakna28. Penelitian menegaskan kebaikan meningkatkan kebahagiaan dan motivasi. Itu juga membangun relasi dan meningkatkan pandangan positif orang terhadap kita28. Fakta menunjukkan, berbuat baik membuat kita lebih bersyukur serta berfokus meraih keberhasilan.

Link Sumber

  1. https://lampung.nu.or.id/keislaman/teruslah-berbuat-baik-meski-banyak-yang-tidak-menyukaimu-AzfhD
  2. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6594580/surat-al-isra-ayat-7-anjuran-berbuat-baik-kepada-sesama
  3. https://www.uin-antasari.ac.id/berbuat-baiklah-ke-semua-orang-sekecil-apa-pun/
  4. https://www.wardahbeauty.com/id/news/5-kutipan-al-quran-yang-mengajarkan-berbuat-baik-kepada-sesama
  5. https://muallimin.sch.id/2016/01/20/jadilah-orang-yang-bermanfaat/
  6. https://qotrunnada-depok.ponpes.id/read/204/berbuat-baik
  7. https://www.sarungatlas.co.id/post/article/berbuat-baik-kunci-keberhasilan-dan-kebahagiaan-menurut-ajaran-islam
  8. https://www.bola.com/ragam/read/4392898/30-kata-kata-bijak-tentang-kebaikan-bahan-perenungan-dan-sumber-inspirasi
  9. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6821724/40-kata-kata-ali-bin-abi-thalib-untuk-pengingat-berbuat-kebaikan
  10. https://www.brilio.net/wow/101-kata-kata-bijak-islami-berbuat-kebaikan-inspiratif-penuh-makna-210910y.html
  11. https://kemenag.go.id/kristen/teruslah-menabur-dalam-kebaikan-hzl88h
  12. https://www.idntimes.com/life/inspiration/frederick/prinsip-sederhana-agar-kamu-mampu-berbuat-baik-c1c2
  13. https://www.brilio.net/wow/105-motto-hidup-berbuat-baik-bikin-hidup-jadi-bermakna-2112094.html
  14. https://tmial-amien.sch.id/2023/06/menebar-kebaikan/
  15. https://mtsmu2bakid.sch.id/pamer-kebaikan-di-media-sosial-dalam-al-quran/
  16. http://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/artikel/teruslah-berbuat-baik
  17. https://www.gkigadingserpong.org/artikel/inspirasi/tetaplah-berbuat-baik
  18. https://www.arsyadislamicschool.sch.id/berita/detail/428727/jangan-ragu-teruslah-berbuat-untuk-akhiratmu/
  19. https://sdmuhmutihan.sch.id/read/27/kurikulum
  20. https://informatics.uii.ac.id/2021/04/02/kebaikan-di-balik-musibah-sakit/
  21. https://www.bola.com/ragam/read/4924103/40-kata-kata-nasihat-untuk-berbuat-baik-kepada-sesama-bijak-dan-inspiratif
  22. https://uin-malang.ac.id/r/170201/berharap-balasan-atas-kebaikan.html
  23. https://www.idntimes.com/life/inspiration/eva-yuniarti/manfaat-berbuat-baik-ke-orang-lain-c1c2
  24. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6663968/surat-al-isra-ayat-7-pentingnya-berbuat-baik-pada-diri-sendiri-dan-orang-lain
  25. https://www.brilio.net/wow/101-kata-kata-bijak-agar-berbuat-baik-pada-sesama-bikin-hati-tenteram-211027j.html
  26. https://www.liputan6.com/hot/read/5454705/200-kata-kata-mutiara-islami-inspiratif-bermakna-saling-mengingatkan-kebaikan
  27. https://www.bola.net/lain_lain/30-kata-bijak-indahnya-berbagi-motivasi-untuk-terus-berbuat-baik-0018f5.html
  28. https://online.studilmu.com/blogs/details/5-alasan-mengapa-kebaikan-adalah-kunci-kebahagiaan
  29. https://www.idntimes.com/life/inspiration/daysdesy/berbuat-baik-bikin-kita-bahagia-c1c2

Related Articles

Back to top button