Aksi Kebaikan

Ketika Kebaikan Dibalas Keburukan, Tetaplah Kuat

Hidup kadang tak sesuai harapan kita. Saat kita mencoba berbuat baik, bisa jadi kebaikan kita malah direspon buruk. Ini seringkali membuat kita kecewa dan terpuruk. Tapi, kita harus tetap tegar dan berpikiran positif dalam menghadapi ini1.

Artikel ini akan membantu kita menghadapi situasi sulit. Kita akan belajar tetap berprinsip baik. Dan tidak terpengaruh oleh respons negatif orang lain. Memelihara semangat kita, membantu kita terus berbuat baik. Dan merasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

Tantangan bisa terasa sangat berat. Tapi kita harus tetap optimis dan berbuat baik. Dengan iman dan kebijaksanaan, kita bisa temukan cara melewati masa sulit ini. Kita akan kuat dan bijak melewatinya.

Pentingnya Berbuat Baik Kepada Sesama

Berbuat baik kepada sesama adalah ajaran agama yang penting2. Ayat Al-A’raf: 56 mengatakan rahmat Allah dekat dengan yang berbuat baik2. Allah mengingatkan kita tentang nikmat-Nya di Surah Al-Baqarah ayat 1222. Surah Al-Isra’ ayat 7 mengatakan berbuat baik juga memberi manfaat untuk kita sendiri2.

Ajaran Agama Tentang Berbuat Baik

3 Sebuah hadits menceritakan seorang pria yang memberi minum pada anjing kehausan. Dia mendapat ampunan Allah dan berpotensi masuk surga3. Menurut al-Syinqîthî, ada tiga tingkat perbuatan baik. Termasuk membantu orang lain dengan mengorbankan diri sendiri3.

Kebahagiaan dan Rahmat Allah untuk Orang yang Berbuat Baik

2 Surat Ath-Thalaq ayat 2-3 menjanjikan rezeki tak terduga bagi yang bertakwa2. Al-Maidah ayat 100 membedakan perbuatan baik dan buruk. Setiap perbuatan baik, sekecil apapun, akan diberi balasan3. Ini termasuk menunjukkan kebaikan kepada hewan, termasuk yang dihormati3.

4 Kementerian Agama (Kemenag) menjelaskan tafsir surah Al-Isra ayat 7. Janji Allah bagi yang berbuat baik di dunia dan akhirat4. Mereka akan menjadi bangsa yang kuat karena kebaikan mereka4.

4 Ayat Al-Zalzalah 7-8 memperkuat konsep pembalasan perbuatan. Kebaikan seberat zarrah akan melihat balasannya4. Pahala kebaikan adalah bagi diri sendiri, sementara kejahatan juga berdampak pada diri sendiri4. Masing-masing perbuatan akan dibalas, baik kebaikan maupun kejahatan4.

Mengingat Nikmat Allah Sebagai Motivasi Berbuat Baik

Kita, umat Muslim, kadang lupa untuk bersyukur pada segala nikmat dari Allah5. Ingat nikmat-Nya bisa jadi motivasi untuk lakukan kebaikan6. Allah janjikan balasan terbaik bagi yang baik5. Bahkan, kebaikan kita dipuji dengan balasan lebih besar daripada apa yang kita lakukan.

Baca Juga :   Tips Menghindari Penipuan Berkedok Donasi Online

Kita bisa menghargai nikmat Allah dengan berbagi kebaikan pada orang lain6. Menurut Al-Qur’an, kebaikan selalu lebih baik dari keburukan6. Allah sudah janjikan pembalasan bagi kebaikan kita. Jika kita bersyukur dan berbuat baik, kabar gembira menunggu kita. Kita akan disayang oleh Allah6.

Di saat susah7, bersabar adalah jalan mana kita dapat pahala dari Allah7. Allah memberi ganjaran tiada batas bagi yang sabar. Meski kadang balasan kebaikan tak langsung dari kebaikan kita, Al-Qur’an tetap ajar bahwa kebaikan itu lebih baik dari kejahatan.

Kita seharusnya selalu ingat nikmat Allah dan bersyukur. Dengan begitu, kita termotivasi untuk lebih banyak berbuat kebaikan. Kebaikan itu pun berdampak positif untuk diri kita sendiri. Semoga kita menjadi hamba yang selalu berbuat baik dan mendapat ridha-Nya.

Berbuat Baik Sebagai Kebaikan untuk Diri Sendiri

Berbait baik kepada orang lain sangat bermanfaat. Terkenal dari Al-Qur’an, Allah senang pada orang baik8. Tindakan baik kita juga akan mendapat balasan yang baik9.

Di lingkungan kerja, kebaikan dan kedermawanan memunculkan dampak positif. Kepuasan dan keterlibatan karyawan naik sekitar 20%10. Loreo Lipsum

Perusahaan-perusahaan yang peduli dengan tanggung jawab sosial juga menarik lebih banyak pelanggan setia. Loyalitas dan retensi pelanggan meningkat sebesar 15%10.

Nirlaba yang mengutamakan kebaikan melihat lonjakan donasi sukarela hingga 25%10. Sekolah-sekolah yang mengajarkan empati mengurangi perundungan dan masalah perilaku sebesar 30%10.

Di sektor kesehatan, pasien yang dilarang dengan empati memiliki pemulihan yang lebih cepat. Kesehatan mereka juga meningkat hingga 40%10. Ini menunjukkan bahwa kebaikan tak hanya untuk orang lain, tapi juga buat diri kita.

Memilih berbuat baik menguntungkan diri sendiri. Layaknya boomerang, kebaikan kita kembali pada diri kita sendiri. Saat kita bantu orang, kita juga diberkati dengan kebahagiaan.

Inisiasi terbaik untuk masa depan kita melakukan kebaikan. Dengan kebaikan, demi gaya hidup, kita raih kebahagiaan dan hubungan yang baik. Berkah dan rahmat dari Allah selalu menyertai kita8109.

ketika kebaikan dibalas keburukan

Ada kalanya kebaikan kita tidak segera dibalas dengan baik. Bisa jadi, orang yang kita bantu justru membuat masalah bagi kita11. Air susu dibalas dengan air tuba menggambarkan kondisi ini11. Meskipun jarang, ada orang yang justru balas kebaikan dengan keburukan11.

Hal ini bisa membuat penerima kebaikan merasa kecewa11. Mereka yang tidak pandai mengucap terima kasih mungkin kurang memperhatikan kita11. Penting untuk siap mental, menghadapi risiko itu sebelum membantu orang lain11.

Baca Juga :   Mengapa Berbagi Pada Sesama Membawa Kebahagiaan? Ini Alasannya!

Tetap Berbuat Baik Meski Tidak Dihargai

Kalau kebaikan kita tidak dihargai, jangan patah semangat. Tetap berbuat baik tanpa syarat karena itulah yang baik menurut agama kita12. QS. Fussilat/34 memaparkan bahwa kebaikan dan kejahatan tidak sama. Kita harus memberi balasan baik pada kejahatan untuk mempererat persahabatan12.

QS. Asy-Syura/40 mendorong kita memaafkan orang yang salah. Ia menjelaskan, kebaikan itu dihargai oleh Allah. Mengikuti ajaran agama, memberi balasan baik pada kejahatan, adalah hal yang penting12.

Tidak Bergantung pada Penilaian Orang Lain

Jangan terlalu peduli dengan apa yang mereka katakan. Fokuslah membuat hal baik demi menyenangkan Allah, bukan mengejar pujian manusia saja12. Memiliki iman kuat kepada Allah akan mencegah kekecewaan dari pandangan mereka1213. Nabi kita, Muhammad صلى الله عليه وسلم, mengajarkan untuk tidak mengeluarkan kata kasar dan menghindari perselisihan13.

Niat baik adalah kunci utama. Al Quran mengajarkan kita untuk memaafkan dan mencegah dari pergaulan yang buruk13. Nabi kita tidak pernah menimbulkan konflik. Dia lebih memilih mengampuni musuh, menunjukkan contoh nyata cara menghentikan keburukan dengan cara yang terbaik13.

Mempertahankan niat baik dalam segala tindakan sangat penting. Belajarlah dari Nabi kita, Muhammad SAW. Dengan memaafkan dan terus berbuat baik, kita akan mendapatkan bahagia dan rahmat dari Allah. Jangan biarkan diri terpengaruh oleh pandangan orang lain yang belum tentu selalu benar.

Manfaat Terus Berbuat Baik Meski Dibalas Keburukan

Meskipun tak selalu dibalas dengan kebaikan, kita harus terus berbuat baik. Kebaikan membawa kebahagiaan dan kepuasan batin14. Ini menunjukkan pentingnya berbuat baik tanpa menunggu balasan. Tindakan positif bisa memberi dampak positif pada hidup kita14.

Berbuat Baik Mendatangkan Kebahagiaan

Berbuat baik membawa ketenangan dan kebahagiaan, meski tidak balas. “Orang-orang yang berbuat baik akan mendapatkan kebaikan pula.”14 Berbuat baik adalah ibadah. Itu mendekatkan kita pada Sang Pencipta dan membuat hati bersyukur15.

Bersikap Positif dan Menumbuhkan Ketakwaan

Bersikap positif dan tawakal saat dibalas buruk, akan membuat kita lebih taqwa. Semakin dekat pada Allah SWT, kita paham ujian adalah rencana-Nya16. Dengan positif dan dekat pada Allah, kita bijak hadapi perlakuan buruk15.

Jika merasa kebaikan tak dihargai, yakinlah semesta membalas caranya14. Terus lakukan kebaikan, itu cara terbaik mendekatkan diri pada Allah dan meraih bahagia yang kekal15.

Nilai Setiap Perbuatan Baik Sekecil Apapun

nilai perbuatan baik

Kadang kita ragu untuk berbuat baik. Kita pikir kebaikan kita tak bernilai. Padahal, setiap kebaikan itu penting dan bakal dibalas oleh Allah SWT17.

Di Surat Al-Zalzalah ayat 7-8, Allah jelaskan bahwa kebaikan kecil diimbangi dengan kebaikan. Dan kejahatan kecil ditegaskan dengan kejahatan17. Ini menunjukkan keadilan-Nya pada setiap tindakan kita, walau sekecil apapun17.

Baca Juga :   Sedekah Paling Utama Kepada Orang Tua & Manfaatnya

Rasulullah SAW mengingatkan kita agar tak meremehkan kebaikan kecil. Dia contohkan kebaikan sederhana, misalnya membersihkan jalan atau mengajar ilmu dasar kepada anak-anak18.
Semua tindakan baik dihitung dan dibalas oleh Allah SWT18.

Teruslah berbuat baik tanpa ragu. Karena, setiap kebaikan kecil itu sangat berharga17. Allah akan membalas semua kebaikan kita, termasuk yang terkecil19.

Memahami pentingnya kebaikan membuat kita tergerak berbuat tanpa ragu. Karena setiap langkah baik kita dihitung oleh Allah SWT19.

Menjaga Niat Baik dalam Setiap Tindakan

Kita harus selalu berusaha melakukan perbuatan baik. Tetapi, yang lebih penting adalah menjaga niat baik di hati kita. Niat baik sangat krusial karena menentukan mutu dan nilai dari amalan kita.

Memelihara niat baik membuat kita konsisten dalam berbuat kebaikan, tanpa peduli balasannya.

Dr. Moh Samsudin mengingatkan kita tentang beberapa tindakan yang perlu dihindari. Kegiatan seperti ingin berdosa dan baru kemudian bertaubat, mengetahui ilmu tapi tidak mempraktekkannya, dan beramal tapi tidak ikhlas. Juga, menggunakan nikmat Allah tanpa rasa syukur, serta mengunjungi kuburan tetapi tidak belajar dari kehidupan lalu20.

Beliau menyarankan agar kita selalu bertanya pada hati sebelum berbuat dosa. Perubahan positif harus dilakukan secara berulang untuk capai kesuksesan20.

Hadits tentang fastabiqul khairat mengajarkan tentang pentingnya tindakan yang manis tapi tidak mencuri perhatian orang. Sementara, perilaku yang buruk sungguh merugikan jiwa tapi dilakukan sembunyi-sembunyi20. Ilmu manajemen yang solid sangat penting untuk mengimplementasikan kebaikan dengan baik, sebagai cermin dari akhlakul karimah20.

Islam mengajarkan bahwa niat berperan dalam mengangkat kualitas amalan kita. Niat berfungsi sebagai penanda amalan yang diterima oleh Tuhan atau tidak21. Niat yang suci dapat menambah pahala amal, mengubah rutinitas sehari-hari jadi ibadah, dan mengisi kekurangan dalam amalan kita21.

Itulah mengapa penting bagi kita memelihara niat baik di setiap tindakan. Dengan begitu, apa yang kita lakukan dapat menjadi bentuk ibadah yang Allah SWT ridhoi. Memelihara niat baik membantu kita tetap konsisten dalam kebaikan, walaupun terkadang mendapat hambatan dari luar.

Kata-Kata Bijak Tentang Terus Berbuat Baik

Artikel ini mengumpulkan kata-kata bijak dari tokoh terkenal untuk inspirasi kita22. Kutipan-kutipan itu mengajak kita untuk menjaga semangat kebaikan. Mereka mengingatkan bahwa berbuat baik itu penting, meski tanpa balasan22. Mari kita terus mempraktekkan kebaikan dengan tulus.

Kutipan Tokoh Terkenal Tentang Kebaikan

“Tidak ada hal yang lebih berharga daripada melakukan kebaikan setiap hari.” -Socrates22 Ini menandai nilainya kecil sekalipun, tindakan baik sangat berharga. “Kebaikan adalah bahasa yang dapat dimengerti oleh tuli dan didengar oleh buta.” – Confucius22 Confucius menunjukkan kebaikan bisa sampai ke semua orang, tanpa pandang usia.

“Tidak ada jalan menuju kedamaian. Kedamaian adalah jalan itu sendiri.” -Mahatma Gandhi22 Gandhi mengingatkan kita, kedamaian dibangun dari tindakan kita sendiri. “Kebaikan adalah bahasa yang dapat didengar oleh tuli dan dapat dilihat oleh buta.” -Martin Luther22 Martin Luther menegaskan, kebaikan punya kekuatan yang luar biasa untuk semua, tanpa terkecuali.

Link Sumber

  1. https://www.bola.com/ragam/read/4433486/37-kata-kata-bijak-tentang-kebaikan-inspirasi-untuk-membuat-perbedaan
  2. https://www.wardahbeauty.com/id/news/5-kutipan-al-quran-yang-mengajarkan-berbuat-baik-kepada-sesama
  3. https://www.uin-antasari.ac.id/berbuat-baiklah-ke-semua-orang-sekecil-apa-pun/
  4. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6594580/surat-al-isra-ayat-7-anjuran-berbuat-baik-kepada-sesama
  5. https://erfan.ir/indonesian/82085.html
  6. https://kumparan.com/yusuf-mansur/bagaimana-cara-allah-mengajak-kita-berbuat-baik-1tOkrQr8hC4
  7. https://informatics.uii.ac.id/2021/04/02/kebaikan-di-balik-musibah-sakit/
  8. https://lampung.nu.or.id/keislaman/teruslah-berbuat-baik-meski-banyak-yang-tidak-menyukaimu-AzfhD
  9. https://lptqkalbar.or.id/kebaikan-dibalas-dengan-kebaikan/
  10. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6663968/surat-al-isra-ayat-7-pentingnya-berbuat-baik-pada-diri-sendiri-dan-orang-lain
  11. https://www.idntimes.com/life/inspiration/marliana-kuswanti/ketika-kebaikanmu-dibalas-keburukan-sikapi-dengan-5-cara-ini-c1c2
  12. https://ppmalislam.sch.id/membalas-keburukan-dengan-kebaikan/
  13. https://jabar.nu.or.id/hikmah/membalas-keburukan-dengan-kebaikan-ruUBJ
  14. https://www.fimela.com/lifestyle/read/4603591/teruslah-berbuat-baik-meski-tak-dihargai-kita-hidup-bukan-untuk-dinilai-orang-lain
  15. https://tirto.id/ayat-dan-dalil-tentang-kebaikan-di-al-quran-glkV
  16. https://kemenag.go.id/kristen/teruslah-menabur-dalam-kebaikan-hzl88h
  17. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6608083/surat-al-zalzalah-ayat-7-8-perbuatan-sekecil-apapun-akan-ada-balasannya
  18. https://sdmuhmutihan.sch.id/read/27/kurikulum
  19. https://khazanah.republika.co.id/berita/qik2nc320/perbuatan-baik-dan-buruk-sekecil-apapun-akan-diganjar
  20. https://mm.umy.ac.id/perbaiki-diri-niat-dan-hati-mesti-sejalan-karena-perbuatan-baik-bisa-runtuh/
  21. https://www.orami.co.id/magazine/hadis-tentang-niat?page=all
  22. https://www.bola.com/ragam/read/5065142/37-kata-kata-bijak-untuk-terus-berbuat-baik-penuh-pesan-hidup

Related Articles

Back to top button