Aksi Kebaikan

10 Kebaikan dalam Kehidupan Sehari hari, Yuk Praktikkan!

Dalam hidup kita sehari-hari, banyak kesempatan untuk bertindak baik. Cukup dengan senyum atau sapaan, kita bisa ucapkan banyak. Ini membuat lingkungan kita jadi hangat dan ramah, menurut 75% orang1. Donor darah lebih populer, tumbuh 20% di pedesaan berkat kampanye1. Lebih banyak orang ikut membersihkan lingkungan, membuat polusi berkurang karena ini dipraktikkan oleh 60% penduduk1.

Kebaikan sangat berarti. Ia bisa mempererat hubungan, membangun kepercayaan, dan menimbulkan rasa aman. Di masa sulit, nilai-nilai baik ini jadi petunjuk. Mereka bantu kita tetap teguh pada prinsip moral dan hidup bermakna.

Mari, kita terapkan 10 kebaikan setiap hari. Lihat bagaimana itu berdampak positif bagi masyarakat. Melakukan kebaikan bukan cuma buat diri sendiri. Tapi, kita juga bantu ciptakan lingkungan yang lebih baik bagi semua.

Memahami Nilai Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-hari

Nilai kebaikan itu prinsip atau standar moral yang dianggap baik di masyarakat2. Mempraktikkan nilai baik itu penting. Ini membuat lingkungan lebih harmonis dan meningkatkan kesejahteraan kita semua2.

Pengertian Nilai Kebaikan

Memberi gambaran tentang perlunya nilai moral. Nilai itu menilai perilaku orang saat menjalani hidup2. Nilai baik adalah ketika nilai kita sesuai dengan tujuan kita hidup dan tujuan umum kehidupan manusia2. Sedangkan nilai yang buruk itu nilai yang go against social order kita2.

Pentingnya Menerapkan Nilai Kebaikan

Kegunaan nilai moral itu banyak. Salah satunya mengingatkan kita kalau kita bagian dari masyarakat. Perilaku seperti berbicara pelan di depan orang tua, dan lainnya, adalah contoh nilai moral2. Kejujuran adalah satu nilai yang bisa membangun kepercayaan orang lain pada kita2.

Hari ini, mengajarkan anak berterima kasih itu penting menurut 90% orangtua3. 85% keluarga mendorong anak untuk lebih empati dengan memberikan tempat duduk pada yang membutuhkan3. Dari itu, 70% orangtua melihat pentingnya pembiasaan membuang sampah dengan benar3. 80% orangtua yakin membantu anak belajar membantu dalam pekerjaan rumah membuat anak lebih kreatif3. 65% orang merasa membersihkan meja makan di restoran cepat saji memperlihatkan sikap hormat dan tanggung jawab kita3. 75% orang rutin memberi sedekah, membentuk nilai-nilai kemanusiaan dan agama3. Sangat penting juga jika 60% keluarga menjaga hewan dan tanaman, agar anak belajar untuk peduli lingkungan3. 70% orangtua menekankan bahwa sapaan ramah bisa membangun hubungan dan jaringan support di masa depan3.

Sejak 2015, dunia memiliki ketegangan global karena konflik Suriah4. Potensi perang dunia antara Amerika dan Rusia itu cukup mengkhawatirkan4. Jika perang dunia pecah, Indonesia akan kesulitan evakuasi di kota-kota besar4. Indonesia sulit memilih aliansi karena sejarahnya4. Jika kalah dalam perang, Indonesia bisa jadi negara asing yang dikuasai4. Indonesia bisa mengalami krisis makanan dan energi, bergantung pada impor4. Dampak terburuknya, Indonesia hancur dan mungkin diserang nuklir4.

10 kebaikan dalam kehidupan sehari hari

Kita sebagai makhluk sosial memerlukan nilai-nilai kebaikan. Mengamalkan kebaikan bukan hanya menguntungkan diri sendiri. Ini juga memberi pengaruh positif kepada lingkungan sekitar. Berikut ini adalah 10 contoh nilai kebaikan yang bisa kita lakukan setiap hari:

  1. Baik Hati kepada Sesama

    Menolong saudara kita adalah cara utama menunjukkan kebaikan hati. Kita bisa membantu yang membutuhkan, bersikap ramah, dan peduli.

  2. Berdikari: Mandiri dan Tidak Bergantung pada Orang Lain

    Menantang diri sendiri untuk lebih mandiri adalah sebuah nilai baik. Tindakan mandiri menunjukkan kita bertanggung jawab dan inisiatif.

  3. Kebebasan Berpendapat dengan Bijak

    Setiap orang punya hak untuk menyuarakan pikiran mereka. Namun, penting juga untuk berpendapat dengan bijaksana. Ini mencakup berbicara sopan dan menghormati pandangan orang lain.

  4. Keberanian Mengakui Kesalahan

    Keberanian ada di dalam mengakui bila kita salah. Langkah ini penting untuk jujur dan bertanggung jawab. Itu juga menunjukkan niat kita untuk belajar dan berkembang.

  5. Kasih Sayang kepada Sesama Makhluk Hidup

    Kasih sayang tidak hanya terbatas pada manusia. Kita bisa menampilkannya pada hewan dan tumbuhan juga. Ini menguatkan perasaan empati dan peduli kita.

  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan

    Kebersihan lingkungan adalah penghargaan kita terhadap rumah bersama, Bumi. Cara sederhana untuk melakukannya adalah membuang sampah pada tempatnya. Ikut serta dalam program kebersihan juga penting.

Baca Juga :   Tips Menghindari Penipuan Berkedok Donasi Online

Mempraktikkan nilai-nilai kebaikan ini akan membawa kebaikan besar. Kita menjadi orang yang lebih baik dan berkontribusi positif pada lingkungan. Hasilnya, kita hidup dalam sebuah harmoni yang lebih mendalam5.

Nilai KebaikanBentuk Penerapan
Baik Hati kepada SesamaMembantu orang yang membutuhkan, bersikap ramah, dan peduli terhadap orang lain
Berdikari: Mandiri dan Tidak Bergantung pada Orang LainMelakukan aktivitas dan pekerjaan secara mandiri, tidak selalu bergantung pada bantuan orang lain
Kebebasan Berpendapat dengan BijakMengemukakan pendapat dengan cara yang sopan, menghargai pendapat orang lain, dan tidak menyinggung perasaan
Keberanian Mengakui KesalahanJujur, bertanggung jawab, dan terus belajar untuk memperbaiki diri
Kasih Sayang kepada Sesama Makhluk HidupMenunjukkan kasih sayang kepada sesama manusia, hewan, dan tumbuhan
Menjaga Kebersihan LingkunganMembuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah sembarangan, dan ikut serta dalam kegiatan kebersihan lingkungan

Tidak Mencaci di Media Sosial

Media sosial kini jadi bagian hidup kita, khususnya di Indonesia. Di Januari 2014, lebih dari 72,7 juta orang di sini sudah aktif di internet. Hampir semua dari mereka punya akun media sosial6. Kita sekarang bisa online dimana saja, kapan saja, lewat smartphone kita6.

Media sosial membawa manfaat besar, tapi juga masalah. Kadang, kita melanggar aturan yang ada soal informasi online. Makanya, kita perlu tahu dan ikuti etika saat berkomunikasi di media sosial. Hal ini untuk menghindari cedera hati, merasa diremehkan, atau merugikan orang lain6.

Dampak Negatif Mencaci di Media Sosial

Mencaci di media sosial bisa ngefek negatif ke mental dan emosi orang yang diomelin. Mereka bisa terluka, merasa sedih, dan nilai dirinya rendah. Tidak jarang, hal ini memicu konflik yang berlarut-larut di dunia maya6.

Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

  1. Berpikir sebelum unggah konten.
  2. Hargai perbedaan pendapat dan stay open minded.
  3. Bikin post yang positif.
  4. Jaga waktu online untuk sehat mental.
  5. Periksa info sebelum dishare.
  6. Respect hak cipta, mention sumbernya.
  7. Jangan bagi info personal yang berbahaya.
  8. Sopan saat online.

Ikuti tips bijak ini buat nyante online. Jadi, kita bisa hindari mencaci yang jelek buat mental orang. Dan, kita juga ikut bersih-bersih lingkungan online, jadinya lebih baik dan positif buat semua67.

Sopan Santun dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sopan santun sangat penting. Ini adalah cara baik menjaga keharmonisan dalam masyarakat8. Kita semua harus sopan saat bertemu orang, baik itu langsung maupun tidak langsung8. Sikap sopan bisa dilihat dari cara kita berpakaian dan berbicara8.

Penelitian menunjukkan bahwa artikel berjudul “10 Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-hari, Yuk Praktikkan!” memperoleh 17 kali dibagikan8. Itu terjadi pada tanggal 04 Jul 2022, pukul 09:20 WIB, ketika artikel diterbitkan8. Artikel itu juga membahas 7 contoh sopan santun dalam keluarga, 6 perilaku sopan di sekolah, dan 7 perilaku hormat di masyarakat8.

Ada 3 manfaat untuk diri sendiri dan 2 untuk orang lain dari sopan santun8. Bersikap sopan membuat kita terhindar dari konflik dengan orang lain8.

Ada artikel lain, “5 Manfaat Bersikap Sopan Santun dalam Kehidupan Sehari-hari”, oleh Faozan Tri Nugroho. Artikel ini dibagikan 17 kali di platform Sepak Bola Indonesia9.

Baca Juga :   Teruslah Berbuat Kebaikan, Meski Tanpa Balasan

Selalu menjaga sopan santun itu penting. Di MTsN 10 Tanah Datar, mereka mendapat 52,906 total tampilan dan 133 siswa lulus10. Kantin mereka juga mendapat sertifikat halal10.

Menerapkan sopan santun membantu menciptakan lingkungan yang harmonis. Mari kita tunjukkan contoh yang baik dengan berprilaku sopan setiap hari!

Saling Menghormati Sesama Manusia

Sikap menghormati orang lain itu krusial dalam hidup bersosial. Jika kita mau dihargai, kita juga mesti menghormati mereka11. Kita bisa menunjukkan rasa hormat dengan cara berempati, berkomunikasi yang baik, dan menjaga privasi orang lain. Memberi dukungan, menerima perbedaan, dan bekerja sama juga menunjukkan sikap hormat11.

Mengajarkan hormat sejak dini sangat penting. Misalnya, mencium tangan saat berpisah dengan orang tua menunjukkan rasa hormat kita12. Dalam masyarakat, kita akan bertemu orang dengan karakter yang berbeda-beda12. Kita harus terbuka dengan perbedaan pendapat dan prioritas untuk hidup berdampingan dengan damai12.

Menghargai waktu dan privasi orang lain sangat bermanfaat12. Memiliki sopan santun dan merawat kebersihan tempat umum adalah tanda kita hormat satu sama lain12.

Contoh Sikap Saling Menghormati

Sikap hormat tak hanya baik bagi kita sendiri, tapi juga untuk masyarakat13. Ini membangun sikap toleransi, mempererat persatuan, dan mengurangi konflik13. Saling hormat juga meningkatkan rasa kebersamaan, menciptakan lingkungan sekolah yang aman, dan memelihara komunikasi keluarga yang baik13.

Menerapkan sikap saling hormat membantu kita menciptakan lingkungan yang damai13. Ini kunci untuk kehidupan sosial yang lebih baik bagi semua orang.

Kejujuran: Kunci Kehidupan yang Bermartabat

Kejujuran adalah tindakan mengatakan apa adanya, sesuai dengan kenyataan14. Menanamkan nilai kejujuran sejak dini penting. Ini membuat kita orang jujur kepada diri sendiri dan orang lain14. Kejujuran membantu kita menjalani hidup yang berharga dan membangun percaya dari masyarakat14.

Mengakui kesalahan, mengembalikan barang orang lain, dan berkata benar tanpa tipu adalah bentuk kejujuran14. Hal ini menguatkan kepercayaan masyarakat hingga 80%14. Perbandingan kejujuran di sekolah dan di rumah adalah 2:314. Ini menunjukkan pentingnya kejujuran di semua aspek hidup.

Kejujuran setara dengan kemuliaan, adalah nasib baik 1:114. Namun, 35% orang tidak jujur karena takut atau niat jahat14. Jujur dalam hubungan antar manusia sukses 90% di saat tertentu14.

45% orang, sayangnya, tidak jujur dalam urusan mencuri di keluarga14. Kejujuran dibanding dengan sekitar, rasio 1:1 menurut14. Ini menunjukkan penghargaan masyarakat terhadap kejujuran. Kejujuran juga baiki menjauhkan rumor 70% dan mendukung disiplin kerja 85% di desa14.

Dengan kata lain, kejujuran kunci penting dalam kehidupan yang mulia dan percaya diri. Kita wajib menggembleng nilai ini sejak muda, supaya kelak menjadi orang yang jujur serta dapat diandalkan.

Baik Hati kepada Sesama

Untuk jadi baik hati, lakukan kebaikan seperti bermurah hati dan hormat pada orang. Juga, siap meminta maaf dan memaafkan kesalahan orang lain15. Tindakan baik ini bikin kita punya empati dan cepat simpati. Dan, buat hubungan sosial jadi lebih akrab dan damai15.

Manfaat Memiliki Hati yang Baik

Hati yang baik boleh banyak manfaat, lho. Ini dia beberapa contohnya:

  • Bikin diri percaya diri dan merasa nilai diri tinggi16.
  • Menciptakan hubungan yang hangat dan damai dengan siapa pun16.
  • Menebar rasa aman dan kebahagiaan di sekitar kita16.
  • Membuktikan rasa hobby dan simpati ke teman-teman15.
  • Jadi contoh teladan yang bagus bagi kawan-kawan16.
  • Menyejahterakan hidup dan juga masyarakat luas17.

Melalui kebaikan hati, bukan hanya kita sendiri yang berubah jadi lebih baik. Tapi juga, kita bisa ngaruh positif ke orang-orang di sekitar kita15. Berbuat baik seperti berbagi, hormat, dan maaf pada kesalahan orang lain, bisa jadi dasar untuk bikin masyarakat lebih harmonis dan sejahtera15.

Baca Juga :   10 Contoh Kebaikan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Mari kita tanamkan kebaikan hati di dalam diri kita dan praktikkan setiap hari15. Dengan begitu, kita jadi orang yang lebih bermakna bagi orang-orang sekitar16.

Berdikari: Mandiri dan Tidak Bergantung pada Orang Lain

Istilah berdikari berarti berdiri di atas kaki sendiri. Ini artinya, kita mandiri dan tidak tergantung pada orang lain18. Kita sebaiknya mulai mandiri sejak dini. Misalnya, saat anak sudah bisa makan atau berpakaian sendiri19. Belajar mandiri mengasah rasa percaya diri kita18.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemandirian itu artinya bisa berdiri sendiri. Tidak perlu bergantung kepada orang lain19. Deborah K. Parker menjelaskan, orang yang mandiri bisa mengatur waktu, berpikir dengan cara sendiri, dan tahu risiko serta cara mengatasi masalah19. Mereka tidak butuh petunjuk terperinci. Mereka bisa mengandalkan diri sendiri19.

Belajar mandiri sejak kecil sangat bermanfaat. Itu bisa meningkatkan rasa tanggung jawab dan disiplin kita. Juga, kita jadi lebih berkualitas, percaya diri, dan mudah beradaptasi19. Anak yang belajar mandiri dari kecil, akan tumbuh jadi orang dewasa yang percaya diri dan mampu mengatasi tantangan hidup19.

Sikap berdikari itu wajib jadi bagian dari hidup kita. Ini tidak hanya baik untuk diri kita, tapi juga untuk lingkungan. Orang yang mandiri tidak terlalu butuh orang lain. Mereka bisa kontrol hidupnya sendiri. Sikap ini juga tingkatkan rasa percaya diri dan kemampuan adaptasi kita.

Mari kita mulai tanamkan sikap berdikari sekarang. Dengan begini, kita jadi lebih mandiri, bertanggung jawab, dan kuat menghadapi tantangan.

Kebebasan Berpendapat dengan Bijak

Kebebasan berpendapat itu penting dan bernilai positif20. Di Indonesia, kita semua bebas untuk berpendapat demi kebaikan bersama. Namun, harus diingat untuk tak menyentuh hal SARA

.

Batasan Kebebasan Berpendapat

Kebebasan berpendapat, mendukung, atau mengkritik sangat dibutuhkan dalam sistem demokrasi21. Tetapi, ada batasannya. Kritik harus berdasar fakta dan tidak boleh melukai SARA21.

Isu agama terkadang sensitif dan bisa memicu emosi. Oleh karena itu, penting untuk menyampaikannya dengan bijak21.

Menyampaikan pendapat haruslah bertanggung jawab, dengan kalimat yang sopan tanpa melukai orang lain21. Kekerasan dan merusak harta benda bukan cara yang benar dan itu bukanlah bentuk dari kebebasan berpendapat21.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus bijak dalam menggunakan kebebasan berpendapat20. Hal ini membantu menciptakan harmoni di tengah keberagaman. Dengan begitu, kita turut membangun negeri ini lebih baik.

Keberanian Mengakui Kesalahan

Keberanian Mengakui Kesalahan

Mengakui kesalahan memerlukan keberanian besar. Ini menunjukkan integritas dan tanggung jawab kita22. Cara mengakui kesalahan bisa bermacam-macam. Yang jelas, itu tidak boleh membahayakan orang lain.

Di kehidupan sehari-hari, kita semua pasti pernah salah. Namun, tidak semua orang merasa nyaman mengakui kesalahannya22. Syaja’ah mengajar kita untuk bertindak jujur. Termasuk mengakui kesalahan kita23.

Contoh dari syaja’ah itu, kita butuh daya tahan besar. Kita juga harus jujur, memegang rahasia, dan bersikap adil pada diri sendiri. Mengakui kesalahan menunjukkan kita peduli dan bertanggung jawab23.

Ketika kita mengakui kesalahan, kita jadi contoh yang baik. Kita menginspirasi orang lain untuk berani mengakui kesalahan juga. Ini sesuai dengan ajaran agama, dimana kisah Nabi Adam A.S. dan Siti Hawa mengajar kita tentang pengampunan24.

Mengakui kesalahan merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Itu menunjukkan sikap yang baik. Kita juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain222423.

Kasih Sayang kepada Sesama Makhluk Hidup

Kasih sayang bisa kita rasakan dan tunjukkan lewat perbuatan25. Ini membuat kita dan orang lain merasa nyaman dan harmonis25. Bahkan hewan dan tumbuhan juga bisa menerima kasih sayang dari kita.

Islam sangat menekankan pentingnya kasih sayang kepada semua makhluk hidup25. Kita bisa menunjukkannya melalui kerja sama, tolong-menolong, dan berbagi dengan orang lain25. Perilaku seperti menyumbang buat yang membutuhkan menunjukkan kasih sayang kita.

Ketika hati kita penuh kasih sayang, hidup kita lebih indah25. Memiliki nilai menghargai, menjaga lingkungan, dan peduli akan membuat hidup jadi lebih bermakna dan bahagia25.

Link Sumber

  1. https://www.popmama.com/community/groups/big-kid/big-kid-and-school-life/10-contoh-amal-kebajikan-dalam-kehidupan-sehari-hari
  2. https://gramedia.com/literasi/contoh-nilai-moral/
  3. https://biodef.co.id/perlindungan/143/8-perbuatan-baik-yang-berdampak-besar-dalam-kehidupan-sehari-hari
  4. https://www.boombastis.com/aktivitas-jailbreak-tidak-selalu-bertujuan-kejahatan-ini-pembahasan-sejarah-dan-manfaat-kebaikan-yang-lengkap/54720
  5. https://www.aswata.co.id/id/berita/info-tips/620-bikin-lebih-bahagia-7-kebaikan-kecil-yang-bisa-kamu-lakukan-sehari-hari
  6. https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/879-bijak-memanfaatkan-media-sosial
  7. https://stikesbanyuwangi.ac.id/etika-bermedia-sosial/
  8. https://www.bola.com/ragam/read/5000247/contoh-contoh-perilaku-sopan-santun-di-rumah-sekolah-dan-masyarakat
  9. https://www.bola.com/ragam/read/5231407/5-manfaat-bersikap-sopan-santun-dalam-kehidupan-sehari-hari
  10. https://mtsn10tanahdatar.sch.id/pentingnya-sopan-santun-dalam-kehidupan-sehari-hari/
  11. https://www.bola.com/ragam/read/5493591/8-contoh-perilaku-menghargai-sesama-yang-patut-dilakukan
  12. https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menghargai-orang-lain/
  13. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6745267/11-manfaat-hidup-rukun-di-kehidupan-masyarakat-sekolah-dan-keluarga
  14. https://gramedia.com/literasi/contoh-perilaku-jujur-dan-manfaatnya/
  15. https://www.jenius.com/highlight/detail/12-cara-berbagi-kebaikan-dari-sekarang
  16. https://bebeclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/3-tahun-atas/contoh-sikap-kasih-sayang-dalam-kehidupan-sehari-hari
  17. https://www.ocbc.id/id/article/2024/03/04/amal-saleh-dalam-kehidupan-sehari-hari
  18. https://www.bola.com/ragam/read/5516348/contoh-nilai-kebaikan-dalam-kehidupan-sehari-hari
  19. https://kumparan.com/berita-terkini/beberapa-manfaat-sikap-mandiri-seorang-anak-dalam-kehidupan-sehari-hari-1zsVLHIEQTB
  20. https://formadiksi.um.ac.id/kebebasan-berpendapat-sebagai-bagian-dari-demokrasi-internasional/
  21. https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2021/4/7/1742/kebebasan-berpendapat-dan-berekspresi-harus-menghormati-ham-orang-lain.html
  22. https://kumparan.com/ragam-info/11-contoh-sikap-berani-dalam-kehidupan-sehari-hari-21zNr97f4Tz
  23. https://gramedia.com/literasi/sifat-syajaah/
  24. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7370419/6-manfaat-sikap-syajaah-dan-cara-menerapkannya-dalam-kehidupan
  25. https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_15-10-2020_5f8861d05244b.pdf

Related Articles

Back to top button