Artikel

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri untuk Kebaikan

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri – Sedekah bisa dilakukan kapan saja di waktu apa pun. Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk memberi sedekah khususnya pada pagi atau subuh.

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa di waktu pagi, dua malaikat turun dan berdoa. Mereka berdoa bagi mereka yang bersedekah dan bukanlah mereka yang kikir. Inilah mengapa memberi sedekah subuh sangat dianjurkan.

Pentingnya Sedekah Subuh

Sedekah subuh sangat penting dengan berbagai keutamaan nya. Allah menjanjikan pahala sedekah subuh yang berlipat di Surah Al-Baqarah ayat 245. Dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengatakan, pada tiap pagi, dua malaikat turun untuk mendoakan orang-orang yang berinfak.

Keutamaan Sedekah Subuh

Doa dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah salah satu keutamaan sedekah subuh.

Beliau berdoa “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka.” Dan harta yang disedekahkan akan diganti oleh Allah. Demikianlah sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Pahala yang Berlipat Ganda

Pahala sedekah subuh berlipat ganda lewat janji Allah di Surah Al-Baqarah. Ayat 245 menegaskan pahala ekstra untuk orang-orang yang berinfak.

Harta Akan Diganti oleh Allah

Allah sendiri yang akan mengganti harta sedekah subuh yang kita sedekahkan. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bahwa ada ganti rugi bagi orang yang dermawan.

Baca Juga :   3 Sedekah yang Paling Utama dalam Kehidupan

Waktu yang Tepat untuk Sedekah Subuh

Sedekah subuh adalah amal yang dilakukan di waktu subuh. Umat Muslim dianjurkan melakukannya setelah shalat subuh sampai matahari terbit. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam mengajarkan bahwa pada setiap pagi, dua malaikat turun dan berdoa untuk orang yang sedang bersedekah. Jadi, waktu tepat sedekah subuh adalah di pagi hari, khususnya saat subuh, sebelum memulai aktivitas.

Waktu subuh sangat spesial untuk bersedekah. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menekankan pentingnya amal baik pada pagi hari. Dan sedekah subuh termasuk di antaranya. Bersedekah pada saat ini membawa keberkahan dan pahala berlipat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sedekah Subuh: Bentuk Ibadah yang Dianjurkan

Sedekah subuh difirmankan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk ibadah dianjurkan. Beliau menyatakan bahwa setiap subuh, dua malaikat turun. Salah satu malaikat berdoa meminta pahala bagi orang yang bersedekah, sedangkan malaikat lain berdoa meminta jebol harta bagi yang kikir (HR. Bukhari dan Muslim).

Sabda Nabi tentang Sedekah Subuh

Sedekah subuh dianjurkan keras oleh Nabi. Doa dari malaikat menjadikannya amalan yang berharga. Rasulullah mengingatkan kita. Bahwa subuh bisa dimanfaatkan untuk memberi, menciptakan pahala.

Balasan dari Malaikat untuk Orang yang Bersedekah

Malaikat akan berdoa bagi yang bersedekah, meminta berkah untuk mereka. Sementara itu, malaikat lain memohon bahaya bagi yang pelit. Ini menunjukkan sedekah subuh sangat berharga di mata Allah.

cara sedekah subuh di rumah sendiri

Sedekah subuh bisa dilakukan di rumah dengan cara yang menyenangkan. Contohnya, kita bisa membuat celengan khusus untuk jalankan sedekah ini. Setelah shalat subuh, uang sedekah bisa kita simpan di celengan.

Ketika celengan udah penuh, uangnya bisa kita salurkan ke masjid. Ini cara bagi kita membantu sesama yang butuh.

Baca Juga :   10 Keutamaan Sedekah yang Perlu Kita Ketahui dan Amalkan

Membuat Celengan Khusus Sedekah Subuh

Mendesain celengan khusus sangat membantu. Kita bisa menabung sebagian rezeki pagi kita. Ini mengajarkan kita untuk suka bersedekah dan disiplin.

Mengirimkan Uang kepada Kerabat yang Membutuhkan

Ada cara lain, yaitu langsung kirim uang sedekah subuh ke yang membutuhkan. Gunakan aplikasi mobile banking OCBC. Ini memudahkan kita bersedekah dari rumah, cepat dan aman.

Menyiapkan Makanan untuk Sedekah Subuh

Di samping memberi uang, kita bisa berguna lewat makanan untuk sedekah subuh. Sebagai muslim, kita boleh sahur di bulan Ramadan atau bagi sarapan pada orang yang butuh. Tindakan ini tunjukkan kebaikan kita pada yang lain dan bawa berkah.

Membagikan Sarapan kepada Tetangga

Membagikan sarapan pada tetangga adalah bentuk baik sedekah subuh. Ini manfaatkan yang terima dan tingkatkan hubungan sosial. Kita mulai dari sini untuk jalin keharmonisan di lingkungan.

Berkontribusi ke Panti Asuhan atau Pondok Pesantren

Sumbang makanan ke panti atau pesantren juga hebat. Kebaikan ini menolong mereka yang berada di sana. Ia tingkatkan rasa syukur serta perhatian kita terhadap yang lain. Kita membantu hidup orang yang membutuhkan, sungguh mulia.

Bersedekah dengan Berdoa

Sedekah subuh itu tidak cuma memberi uang. Kamu juga bisa sedekah dengan berdoa. Sebelum mulai, sebaiknya baca doa niat sedekah subuh terlebih dulu. Contoh niatnya bisa gini:

Contoh Doa Niat Sedekah Subuh

“Ya Allah, pagi ini aku berniat bersedekah. Ini bentuk syukur dan ibadahku. Aku berdoa agar sedekah ini diterima oleh-Mu. Berkahilah harta yang kusedekahkan. Amin.”

Baca doa sedekah seperti ini saat pagi memohon sedekah subuh dengan doa. Kita berharap amal kita diterima Allah dan diberkahi. Berdoa juga bisa jadi sedekah subuh yang baik sebelum beraktivitas.

Bersedekah dengan Berdzikir

Selain memberikan materi atau berdoa, bersedekah subuh bisa melalui berdzikir. Dzikir dengan hati yang bersih adalah sedekah. Memulai pagi dengan dzikir pasca subuh adalah bentuk sedekah dari rumah.

Baca Juga :   Hukum Mengeluarkan Infak atau Sedekah Adalah Sebagai Berikut

Bersedekah subuh dengan berdzikir menjalankan anjuran Nabi dan menjaga hubungan dengan Allah. Zikir ikhlas akan berbuah pahala besar di akhirat.

Mari mulai pagi dengan tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Juga, baca Astaghfirullah, Subhanallah, Alhamdulillah, dan lainnya. Bacaan ini baik untuk sedekah subuh via berdzikir.

Sedekah subuh dengan berdzikir memberi kita pahala sedekah ditambah keberkahan dari Allah. Berdzikir secara ikhlas benar-benar dicintai oleh-Nya. Semoga Ia mempermudah ibadah sedekah subuh dan berdzikir bagi kita.

Mengisi Kotak Amal di Masjid

Bagi umat Muslim yang tak bisa langsung ke masjid waktu subuh, ada cara untuk mengisi kotak amal masjid. Mereka bisa menitipkan uang pada pengurus masjid. Uang yang dititip tetap dibarokahi oleh Allah SWT. Ini membantu yang kesulitan ke masjid pada subuh.

Menitipkan Uang kepada Pengurus Masjid

Jika tak bisa ke masjid pagi hari, ada yang bisa dilakukan. Kita bisa titip uang ke pengurus masjid untuk sedekah subuh. Langkah ini membantu kita berpartisipasi dalam beramal, meski tak hadir. Uang itu nantinya digunakan untuk program-program sedekah subuh masjid.

Manfaat Melakukan Sedekah Subuh

manfaat sedekah subuh

Morning charity brings many benefits to us as Muslims. Two of them are very important.

Menghapus Dosa

and

Mendapatkan Ridho Allah

The Prophet Muhammad said, “Charity extinguishes sin like water puts out fire.” Giving charity in the morning helps us cleanse our sins.

Also, it makes us earn Allah’s pleasure. Allah promises happiness to those who give, intending only to please Him. This comes from the Quran, Al-Baqarah, verse 245.

Kesimpulan

Sedekah subuh itu penting bagi kita yang beragama Islam. Kita lakukan ini di pagi hari, sebelum mulai aktivitas. Bersedekah subuh memiliki banyak keutamaan, seperti mendapat pahala besar dan digantikan oleh Allah apa yang kita sedekahkan. Kita juga mendapat doa dari malaikat dan Nabi Muhammad SAW.

Bersedekah subuh di rumah bisa dilakukan dengan cara sederhana. Misalnya, memakai celengan khusus, mengirim uang pada kerabat yang butuh, menyiapkan makanan untuk orang yang kurang mampu. Tidak lupa berdoa, berdzikir, dan menitipkan uang di masjid. Manfaatnya, bisa menghapus dosa dan meraih rido Allah SWT.

Sering-seringlah bersedekah subuh di rumah. Ini membuat kita memulai hari dengan suatu amal baik yang disukai oleh Allah. Selain mendapat pahala, ini cara kita latih diri jadi orang yang suka memberi dan peduli. Ayo, biasakan bersedekah di pagi hari. Semoga Allah SWT selalu memberkahi dan mempermudah hidup kita.

Link Sumber

Related Articles

Back to top button