Artikel

10 Keutamaan Sedekah yang Perlu Kita Ketahui dan Amalkan

Sebagai umat muslim, keutamaan sedekah harus kita pahami dan terapkan. Al-Quran dan Hadits menyebutkan pentingnya sedekah. Sedekah tak hanya soal uang, tapi bisa lewat kerja keras, ide, dan tindakan positif. Ini berarti menolong orang lain tidak hanya dengan harta.

Pahami bahwa sedekah lebih dari uang. Ini tentang menanam kebajikan dan amal yang terus mengalir. Sedekah membangun kemurahan hati dan bersyukur pada nikmat Allah. Dengan sedekah, kita membantu sesama dan menyebar kebaikan.

Pengertian Sedekah

Mari kita pahami sedekah bersama-sama. KBBI menjelaskan sedekah sebagai memberi ke fakir miskin. Ini dilakukan di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah, dan sebatas kemampuan si pemberi.

Sedekah Berasal dari Kata Shidqoh

“Shidqoh” adalah asal kata dari sedekah dan artinya adalah kebenaran. Ulama sepakat, sedekah menunjukkan kebenaran iman seseorang. Ini adalah perwujudan dari keyakinan yang kuat.

Sedekah Tidak Terbatas pada Materi

Sedekah tak selalu uang atau harta. Sedekah bisa berupa memberi tenaga, ide, melakukan perbuatan baik. Seperti hadits Nabi, setiap kebaikan itu sedekah.

Jenis-Jenis Sedekah

Sedekah bisa diberikan dalam bentuk uang, makanan, atau sesuatu yang orang butuh. Kita akan belajar tentang sedekah yang bisa dilakukan setiap hari.

Baca Juga :   Amalan Sedekah Subuh: Kunci Kebahagiaan dan Kemakmuran

Sedekah Materi

Jenis sedekah pertama adalah yang berwujud materi, seperti memberi uang atau makanan. Ini adalah pemberian yang sesuai dengan KBBI, yaitu memberi pada yang membutuhkan.

Sedekah Non-Materi

Kita juga bisa memberi sedekah dengan cara yang tak berwujud. Cara ini termasuk dalam bentuk sedekah non-materi. Misalnya memperlihatkan wajah ramah atau mendamaikan orang yang bertengkar. Kita juga bisa memberi dorongan positif kepada orang lain.

10 Keutamaan Sedekah

Sedekah itu banyak keutamaannya, lho. Semua ini ada di Al-Quran dan Hadits. Yuk, kita lihat apa saja!

  1. Sebagai upaya menahan murka Allah
  2. Menjauhi dari penyakit kikir
  3. Menghapus dosa-dosa kecil
  4. Mendapat naungan di Hari Kiamat
  5. Memperpanjang umur
  6. Amalan yang tidak terputus walau sudah wafat
  7. Dihindarkan dari bahaya
  8. Mendapatkan keberkahan dalam harta yang dimiliki
  9. Dijanjikan pintu khusus dalam surga
  10. Mendapat perlipatan nilai kebaikan (pahala) yang besar

Sebagai Upaya Menahan Murka Allah

Orang-orang yang selalu bersedekah, mendapatkan kasih sayang dari Allah. Allah senang pada hamba-Nya yang murah hati. Mereka rela memberikan harta mereka demi umat.

Menyembunyikan sedekah itu penting. Karena itu, Rasulullah SAW mengatakan. Beliau berkata bahwa sedekah rahasia dapat menenangkan hati Allah. “Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan secara rahasia dapat memadamkan kemarahan Allah subhanahu wa ta’ala” (HR. Tabrani).

Dijauhi dari Penyakit Kikir

Bersedekah adalah cara untuk menjaga diri dari sikap kikir. Ketika kita punya banyak harta, kadang sulit untuk membaginya. Sedekah mengajarkan kita untuk tidak pelit.

Harta yang kita sedekahkan adalah yang tersisa setelah kebutuhan paling dasar tercukupi.

Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Sedekah merupakan cara terbaik untuk menghapus dosa-dosa kecil. Dosa-dosa ini seringkali kita lakukan tanpa sadar. Contohnya, membuat orang kesal atau merasa tersinggung, atau meremehkan orang di dalam hati kita. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,”Sedekah akan menghapus dosa sebagaimana air dapat mematikan api” (HR. Ibnu Majah Nomor 4.200).

Baca Juga :   Mengapa Kita Harus Berbagi dalam Kristen? Ini Alasannya

Mendapat Naungan di Hari Kiamat

Sedekah yang dilakukan ikhlas akan jadi naungan pada Hari Kiamat. Rasulullah SAW mengatakan, “Sedekah menyegarkan kubur. Hanya Mukmin yang mendapat naungan berkat sedekahnya di akhirat” (HR. Thabrani dan Baihaqi).

Memperpanjang Umur

Memperpanjang Umur

Bersedekah di jalan Allah dikatakan bisa menambah umur. Ini mengikuti sebuah hadits dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda bahwa dengan bersedekah, umur seseorang bisa bertambah.

Bersedekah juga bisa menjauhkan kematian yang buruk. Allah akan menghapus sifat-sifat negatif dari diri kita. Ini termasuk sombong, kefakiran, dan rasa bangga.

Amalan yang Tidak Terputus Walau Sudah Wafat

Sedekah atau amal jariyah membawa manfaat meskipun seseorang sudah meninggal. Menurut hadis, Rasulullah SAW mengatakan, “Saat seseorang mati, amalannya berhenti. Kecuali jika ia meninggalkan sedekah jariyah, ilmu yang memberi manfaat, atau anak yang saleh yang terus mendoakan untuknya” (HR. Muslim).

Dihindarkan dari Bahaya

Harta manusia sebenarnya datang dari Allah. Jika seseorang hanya menggunakan harta itu untuk dirinya sendiri, ia berisiko. Risikonya adalah kehilangan harta itu melalui musibah atau bahaya. Dan karena itu, Rasulullah SAW mengajak kita untuk bersedekah dengan cepat. Ia mengatakan, “Musibah dan bencana tidak akan bisa mengalahkan kekuatan sedekah.” (HR. Baihaqi)

Mendapatkan Keberkahan dalam Harta yang Dimiliki

Harta yang berkah itu sangat berharga, banyak manfaatnya di dunia dan akhirat. Seperti yang diajarkan Nabi, “Harta akan bertambah dengan sedekah. Dan Allah akan tambahi kemuliaan bagi hamba yang suka maaf-maafan.” (HR. Muslim)

Ketika kita bersedekah, Allah memberi keberkahan pada harta kita. Keajaiban terjadi, harta malah bertambah. Ini bermanfaat baik di dunia maupun setelahnya. Dan bagi yang suka maaf dan dermawan, Allah tambah kemuliaannya.

Baca Juga :   Sedekah Jariyah: Beramal untuk Kebaikan Abadi

Mari, kita mulai bersedekah sekarang. Dengan begitu, harta kita menjadi penuh berkah. Plus, kita memberi manfaat buat orang banyak.

Dijanjikan Pintu Khusus dalam Surga

Orang yang sering bersedekah, nanti mendapat kesempatan unik. Mereka akan masuk surga lewat gerbang spesial. Rasulullah SAW mengatakan, “Siapa yang menyumbang dua harta di jalan Allah, dia dipanggil dari pintu surga. Mendengar panggilan: ‘Hai hamba Allah, ayo nikmati surga’.” (HR. Bukhari).

Mendapat Perlipatan Nilai Kebaikan (Pahala) yang Besar

Allah janjikan banyak kebaikan untuk yang berikan sedekah. Dalam Al-Baqarah 261, Allah berkata:

“Memberi sedekah seperti menanam benih yang tumbuh tujuh bulir. Setiap bulir punya seratus biji. Allah berikan ganjaran berlipat bagi siapa yang Dia suka. Allah Maha Luas dan Mengetahui.”

Kesimpulan

Sedekah punya banyak kebaikan. Ini adalah ajaran baik untuk semua muslim. Dengan melakukan sedekah, kita bisa lebih tenang dan tidak serakah.

Sedekah membersihkan dosa-dosa kecil kita. Ini juga membuat kita lebih diterima oleh Allah. Mendekatkan diri kepadaNya penting untuk keamanan di Hari Kiamat.

Amal sedekah juga bisa memperpanjang usia kita. Kesempatan ini bagus untuk mendapatkan keberkahan. Apa yang hadir dalam hidup, punya banyak arti besar.

Kita merasa lebih dekat dengan Tuhan lewat merenung tentang arti sedekah. Pahala dari amal ini sangat besar. Kebaikan kita menginspirasi orang lain juga.

Sedekah mengajarkan tentang keadilan dan mencintai sesama. Mari kita tunjukkan cinta ini melalui memberi. Tuhan pasti senang melihat kita berbagi.

Ajaran ini mengubah dunia kita dan mempersiapkan kehidupan setelah ini. Kita bisa membawa berkat melalui tindakan baik. Dengan semangat sedekah, kita mendapat cinta dan kerelaan dari Tuhan.

Link Sumber

Related Articles

Back to top button